Tutorial cPanel Hosting untuk pemula (singkat)

      Tutorial cPanel ini adalah bagian dari Kumpulan Tutorial Hosting untuk Pemula(lengkap) yang tersedia untuk memudahkan anda yang masih pemula dalam menggunakan cPanel.  Panduan ini dibuat dengan singkat dan sederhana dengan tujuan agar anda bisa mempelajarinya dalam waktu cepat. Di bagian artikel ini akan dibahas bagian-bagian dari cPanel beserta penjelasan fungsinya secara singkat. Untuk detail cara menggunakan fitur cPanel itu bisa dilihat pada  link yang terdapat pada tiap bagian di bawah. Kami di sini hanya menjelaskan fitur-fitur paling penting dan dibutuhkan untuk anda sedangkan untuk fitur lainnya akan dibahas pada artikel yang berbeda.  Dalam penjelasan cPanel ini, saya menggunakan contoh cPanel di hosting Arvixe. Hosting ini digunakan oleh website kami karena harga yang murah, fitur lengkap dan kualitas yang bagus.

Pertama, kita lihat secara umum:

 cPanel Frequently access area

          Di bagian kiri atas terdapat  home untuk kembali ke halaman depan cPanel saat kita berada di halaman lain(bukan halaman depan).  Jika kita ingin menemukan menu yang kita perlukan maka kita bisa menggunakan Find sebagai contoh misalkan kita ingin mencari menu untuk menambah domain maka ketik domain dan di bagian kanan akan muncul menu yang sesuai . Jika kita tidak menggunakan Find  ini juga bisa tapi bagi yang belum terbiasa mungkin agak lama menemuka menu yang diinginkannya.

      cPanel-Help-logoutDi bagian akan atas ada menu Help dan Logout Di halaman manapun anda berapa di cPanel , klik Help untuk mendapatkan penjelasan tentang cara penggunaan menu di halaman manapun itu. Logout ini sangat penting dan tidak boleh dilupakan jika  nda menggunakan komputer yang diakses bersama dengan orang lain.

Kedua, kita lihat bagian-bagian dari cPanel :

1.  Preferences

preferences cPanel

     Pada bagian ini terdapat tutorial cara menggunakan cPanel, mengubah password dan email kontak, mengubah tampilan cPanel dan bahasa serta shortcut ke halaman cPanel.   “Change Password” digunakan untuk mengubah password cPanel anda. Pastikan gunakan password yang kuat dan sulit untuk diubah. “Update Contact Info” digunakan untuk mengubah email kontak untuk pemberitahuan jika anda sudah mencapai kuota disk dan bandwidth. “Change Style” digunakan untuk mengubah tampilan cPanel anda sehingga sesuai dengan yang anda inginkan.

2.  Domains

Domain cPanel

        Bagian ini untuk anda menambahkan domain baru di cPanel, membuat subdomain, dan mengubah record DNS.  Jika anda ingin membuat website baru(domain baru) maka anda bisa menggunakan menu “Addon Domains” sedangkan jika anda ingin membuat subdomain misalkan toko.example.com maka anda bisa menggunakan menu “Subdomains”. (selengkapnya Baca: Cara menambahkan addon domains dan subbdomain di cPanel). Untuk mengedit DNS record gunakan menu “Simple DNS Zone Editor” atau “Advanced DNS Zone Editor“. (Baca: Cara mengubah A, CName DNS pada  cPanel).

3. Software/Services

software service cPanel

      Pada bagian ini beberapa bagian yang penting dan kemungkinan digunakan oleh anda yaitu Softaculous, RVSiteBuilder, Optimize Website dan Cloudflare.  Softaculous ini merupakan autoinstaller untuk ratusan aplikasi seperti wordpress, magento, opencart,  dan lain-lain. Dengan menggunakan autoinstaller ini , dengan beberapa klik aplikasi anda sudah siap untuk digunakan. Tanpa perlu repot download/copy file dan setting data base, semuanya beres cukup dengan beberapa klik.(Baca: Cara menggunakan Softaculous untuk menginstall berbagai aplikasi dalam 1 klik) Jika anda ingin mengaktifkan  Cloudflare melalui cPanel, silakan pilih cloudflare dan masukkan email anda untuk mendaftar atau jika sudah punya akun masukkan juga passwordnya. Bagian RVSiteBuilder digunakan untuk membuat website sederhana( misalkan website untuk profil perusahaan)  dengan mudah dan dapat disesuaikan tampilannya dengan keinginan dan kebutuhan.(Baca: Cara menggunakan RVSiteBuilder)

4.Files

.file cPanel

      Bagian ini digunakan untuk mengelola semua file anda yang disimpan di hosting ini mulai dari melihat dan mengedit file, membackup file , melihat penggunaan  disk dan membuat akun FTP.  Jika anda ingin melihat atau mengedit file website anda, anda bisa menggunakan File Manager. Backups digunakan untuk mendownload seluruh file hosting anda(home directory,database) ke komputer anda atau jika anda ingin memindahkannya ke server lain.  Di menu Backups  ini juga ada fungsi restore mengembalikan data yang sudah kita backup (atau kita pindahkan dari server lain). ( Baca: Cara Gratis Backup wordpress secara otomatis atau Cara Gratis Backup Website ). Di hosting yang kami gunakan menyediakan R1Soft Backup(lihat gambar di atas) yang akan membackup website kami secara gratis, tetapi untuk lebih amannya kami menyimpan lebih dari satu backup untuk website kami.  Backup sangat diperlukan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada data yang disimpan di server hosting kita. Jika anda ingin membuat akun FTP untuk mengakses file website anda menggunakan protokol FTP gunakan menu FTP Account (Baca: Cara mengakses file website lewat FTP)

5. Database

database cPanel

      Untuk membuat database baru atau membuat user baru untuk database, gunakan MySQL Database atau MySQL DataBase wizardJika anda sudah menggunakan autoinstaller seperti softaculous anda tidak perlu membuat database lagi karena semua sudah dibuatkan secara otomatis.  phpMyAdmin digunakan jika anda ingin melihat tabel dan seluruh isi database yang telah dibuat. Jika anda kurang mengerti dengan database maka anda tidak perlu melakukan apapun pada bagian No 5 ini (database). Semua aplikasi yang menggunakan autoinstaller saat penginstalan sudah dibuatkan otomatis databasenya.(Silakan lihat pada bagian 3 di atas)

6. Mail

mail cPanel X

      Di bagian ini, anda bisa membuat email @[nama_domain_anda].[extension].  (misal: [email protected]). Untuk membuatnya gunakan menu Email Accounts. (Baca: Cara membuat email dengan Custom Domain).  Untuk mengaksesnya anda bisa menggunakan menu Webmail Untuk fitur-fitur yang lain pada bagian Mail  ini silakan baca:  Fitur Mail pada cPanel (segera)

7.  Logs

log cPanel

    Pada bagian Logs ini data mengenai statistik pengunjung website kita, error log dan dan data penggunaan bandwidth bisa kita lihat. Karena pada bagian ini fungsinya hanya untuk melihat log dan tidak mengubah setting website anda, maka silakan anda coba sendiri semua menu pada bagian ini tanpa perlu khawatir.

     Demikian Tutorial cPanel Hosting untuk pemula yang dibuat secara singkat. Untuk detail mengenai tutorial bisa dilihat pada link di halaman Kumpulan Tutorial Hosting untuk Pemula(lengkap). Saya tidak membahas semuanya secara lengkap di halaman ini karena akan terlalu panjang jika semuanya ditulis dalam satu halaman.

Alasan Memilih Arvixe

 

 

Posted in Tutorial, Tutorial Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published.