Cara menambahkan Domain dan Subdomain di cPanel

subdomain-addon domain        Jika anda ingin membuat website baru di domain yang berbeda dalam satu akun hosting yang sama maka anda bisa menggunakan Addon domain.  Jika anda ingin membuat subdomain dari domain domain yang ada misalkan subdomain.example.com maka anda bisa memilih menu subdomain. Proses ini cukup mudah dan hanya membutuhkan sekali klik.  Saya akan membahas cara menambahkan domain baru dan menambahkan subdomain baru melalui cPanel.

Cara Menambahkan domain baru melalui cPanel

addon-domain-cPanel

Untuk menambahkan domain baru ke akun hosting anda, silakan pilih Addon Domains. Setelah itu pastikan domain anda menggunakan Name server benar. Berikut ini langkah yang diperlukan untuk menambahkan domain baru:

1.  Masukkan nama domain yang ingin anda tambahkan ke bagian New Domain Name (domain harus sudah terdaftar dan menggunakan NS yang benar. Jika belum registrasi domain silakan ke NameSilo)

2.  FTP username dan Document root akan secara otomatis terisi(tidak perlu diubah)

3. Untuk password silakan gunakan Password Generator untuk mendapatkan password yang kuat. Copy password ke tempat yang aman. Pilih “I have copied this password in a safe place.” dan pilih Use password.

4.Lalu pilih Add Domain

      Di bagian bawah ada daftar addon domain yang telah anda gunakan di akun hosting anda. Anda bisa me-remove addon domain ini jika anda tidak menginginkannya lagi.  Untuk menuju ke document root untuk salah satu domain anda silakan klik di bagian Document root di addon domain yang sesuai.

Cara Membuat subdomain untuk website melalui cPanel 

subdomain-cPanel

     Jika anda ingin menambahkan subdomain baru maka gunakan menu subdomain. Pilih di domain mana anda ingin membuat subdomain. Misalkan anda ingin membuat subdomain example di domain direktorihosting.com sehingga bisa diakses melalui domain example.direktorihosting.com. Untuk membuat ini, pilih domain direktorihosting.com dan tulis example seperti pada gambar di atas. Untuk Document Root, silakan gunakan default(yang sudah otomatis terisi) atau ganti jika folder document root sudah digunakan oleh domain lain.

        Demikian tutorial singkat cara menambah domain baru dan menambahkan subdomain melalui cPanel. Mengelola banyak domain dan tetap mengisinya konten menarik dan berkualitas secara terus menerus bukanlah hal mudah. Akan lebih baik jika anda fokus ke satu atau dua domain tetapi mendapatkan pengunjung yang setia mengunjungi website anda.

Sekian

Posted in Tutorial Hosting Tagged with: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.